Sabtu, 10 Desember 2016

Bayern Muenchen akan 'Bunuh' Wolfsburg Secepatnya



Raja sepak bola Jerman, Bayern Muenchen melanjutkan perjuangannya untuk mempertahankan takhta Bundesliga melawan VfL Wolfsburg pada spieltag 14. Kemenangan jadi target yang wajib dipenuhi agar bisa kembali ke puncak klasemen.  Tapi itu juga dengan catatan tim debutan RB Leipzig kalah di kandang Ingolstadt. 

Laga antara Bayern Muenchen gegen VfL Wolfsburg pada spieltag 14 Bundesliga musim 2016/2017 akan berlangsung di Allianz Arena, Muenchen, Sabtu, 10 Desember 2016 pukul 21.30 WIB.

Secara posisi hingga spieltag 13, Bayern Muenchen masih tertahan di posisi dua  dengan nilai 30, kalah tiga angka dari RB Leipzig yang memuncaki klasemen. Meski begitu, secara aggregat gol Die Roten masih sedikit lebih baik dari Die Bullen

Bayern Muenchen menyimpan catatan 29 kali membobol gawang lawan dan kemasukan sembilan gol. Sementara RB Leipzig yang juga mencetak 29 gol punya catatan kebobolan lebih banyak yakni 11 gol. 

Kedua tim yang sedang bersaing ketat ini sudah dijadwalkan untuk beradu taji kali pertama pada spieltag 16 musim ini. Laga akan digelar di Allianz Arena, Muenchen, pada Kamis, 22 Desember 2016 dini hari WIB pukul 02.00 WIB.

Oke, sekarang kita kembali ke agenda laga Bayern Muenchen kontra VfL Wolfsburg.  Dengan posisinya saat ini, Bayern Muenchen dipastikan bakal turun dengan kekuatan terbaik untuk mengalahkan Wolfsburg. Namun begitu, tetap ada sedikit kekhawatiran dengan ketangguhan di lini belakang karena Mats Hummels absen karena masih bermasalah dengan perutnya.

Mats Hummels
Jika saat mengalahkan Atletico Madrid Die Roten bermain dengan skema 4-3-3, kemungkinan untuk laga ini pelatih Carlo Ancelotti bakal memasang skema 4-4-1-1 dengan menempatkan Arturo Vidal sebagai box-to-box midfielder dan Thiago Alcantara sebagai gelandang jangkar. 

Sementara ketiadaan Hummels di lini pertahanan akan diisi Javi Martinez yang ditandemkan dengan Holger Badstuber. Pertimbangan memasang Martinez dengan Badstuber ini karena kondisi Jerome Boateng yang belum sepenuhnya fit dari cedera bahu.

Di lini serang, selain Vidal dan Thiago yang aktif mengamankan lini tengah, Arjen Robben dan Franck Ribery kemungkinan juga akan dipasang sebagai starting XI untuk mengisi sektor sayap. Kemungkinan menyebut nama Ribery sebagai starter tak lain karena pertimbangan ia diistirahatkan Ancelotti saat Bayern menghadapi Atletico. Douglas Costa akan menjadi pelapis yang tepat dan sangat mematikan karena punya tenaga segar untuk diturukan ketika laga sudah berjalan lebih dari satu babak.

Menghadapi Wolfsburg, Bayern Muenchen saya sangat yakin 100% akan mengejar gol dini dan membunuh laga secepatnya. Beban ini sedikit banyak akan ditempatkan ke pundak Robert Lewandowski sebagai target man dan Thomas Mueller sebagai penyerang lubang untuk seefisien mungkin memanfaatkan peluang. 

Memang, sih, tidak mutlak, karena semua pemain Bayern punya peluang untuk melakukan itu. Semua pemain Bayern bisa mencetak gol. Tapi dalam skenario yang disusun, urusan ini cenderung diarahkan ke Lewandowski dan Mueller.

Saya pikir itu saja pandangan sederhana saya untuk laga ini. Bayern Muenchen tetap mendominasi laga dan mendominasi peluang mencetak gol. Sembari itu pastinya juga berharap RB Leipzig terpeleset di kandang Ingolstadt. Meski pun secara jujur harus saya akui cukup berat kendati tak ada yang tak mungkin dalam sepak bola

Rasanya, sih, masih belum ada perubahan di dua besar klasemen hingga spieltag 14. Tapi itu rasa-rasanya saja, bukan pasti, yah. Bayern Muenchen saya prediksi menang 3-0 atas VfL Wolfsburg dan RB Leipzig juga menang di markas Ingolstadt.

Prakiraan Starting XI

Bayern Muenchen (4-4-1-1): Neuer: Lahm, Martinez, Badstuber, Alaba, Robben, Vidal, Thiago, Ribery, Mueller: Lewandowski.

VfL Wolfsburg (3-5-2): Benaglio: Knoche, Bruma, Rodriguez: Blaszczykowski , Trasch, Guilavogui, Gerhardt, Schafer: Gomez, Mayoral.