Sabtu, 14 Mei 2016

FC Bayern Bisa Hantam Hannover Tiga Gol Tanpa Balas di Allianz Arena


Pemuncak klasemen kontra juru kunci klasemen. Inilah judul yang pas untuk menggambarkan laga spieltag terakhir Bundesliga musim 2015/2016 yang mempertemukan FC Bayern Muenchen dengan Hannover 96.

FC Bayern yang sudah memastikan gelar juara liga kali keempat beruntun akan merayakan keberhasilannya usai laga ini. Pesta perayaan yang tersaji di Allianz Arena, Sabtu, 14 Mei 2016, ini juga jadi perayaan  gelar ke-26 sepanjang sejarah penyelenggaraan Bundesliga yang dimulai musim 1963/1964.

Untuk laga ini, meski lebih bersifat formalitas, sulit bagi kita untuk mengatakan akan berlangsung seimbang. Meski sudah menjadi juara, FC Bayern tentun ingin atmosfer perayaan bisa berlangsung sempurna tanpa noda. Artinya, tak ada kata lain selain menuntaskan kompetisi dengan kemenangan. 

Pada pertemuan terakhir musim ini di AWD Arena, kandang Hannover 96, FC Bayern memang cuma menang tipis 1-0 melalui gol penalti Thomas Mueller. Namun keadaan sekarang sudah berbeda. Kekuatan skuat FC Bayern relatif jauh lebih kuat dan dalam ketimbang Hannover 96. 

Hanya Holger Badstuber, Arjen Robben, dan Xabi Alonso yang tak tersedia untuk laga ini. Sementara Hannover 96 harus melawan FC Bayern dengan kondisi kehilangan delapan pemain karena cedera.

Kondisi ini membuat pelatih Hannover 96, Daniel Stendel, terpaksa memajukan sejumlah pemain muda kelahiran tahun 1996 yang minim pengalaman untuk mengisi sejumlah pos  dengan formasi 4-2-3-1. 

Pemain muda Waldemar Anton kemungkinan besar kembali dipercaya mengisi pos bek tengah menggantikan Alexander Milosevic yang cedera.  Demikian juga dengan Fynn Arkenberg yang bakal mengisi pos bek kanan menggantikan Hiroki Sakai. Sementara Iver Fossum akan menjadi pilihan double pivot untuk menemani Manuel Schmiedebach memagari lini pertahanan Hannover 96.  

Jika pun tetap ingin mencari keberuntungan yang dipunya Hannover 96 di laga ini, tak lain adalah masih bugarnya Salif Sane, Hiroshi Kiyotake,  Miiko Albornoz,  dan Artur Sobiech. 

Salif Sane (bek tengah), Hiroshi Kiyotake (gelandang serang), Miiko Albornoz (bek kiri) adalah tiga pilar utama Hannover 96 dengan rataan rating penampilan tertinggi sepanjang Bundesliga musim 2015/2016. Sementara Artur Sobiech adalah top skorer Hannover 96 musim ini dengan torehan enam gol, satu gol lebih banyak dari yang dibuat Kiyotake.

Sementara tuan rumah FC Bayern kemungkinan besar tetap bakal turun dengan formasi 4-1-4-1 yang menjadi favorit pelatih Josep Guardiola. Posisi bek tengah seharusnya kembali diisi Jerome Boateng dan Javi Martinez. 

Namun tak menutup kemungkinan Guardiola akan kembali menunjuk Joshua Kimmich untuk mengawal pos tersebut seperti saat menghadapi Ingolstadt.

Pos gelandang bertahan yang biasa ditempati Xabi Alonso kemungkinan besar diisi Arturo Vidal. Sedangkan lini sayap menjadi tanggung jawab Frank Ribery dan Kingsley Coman. Di lini tengah, pilihan utama tetap jatuh ke Thomas Mueller yang besar kemungkinan diduetkan dengan Thiago Alcantara atau Douglas Costa.  

Jika pilihan nantinya jatuh ke Douglas Costa, itu artinya Guardiola ingin kembali bereksperimen memberikan pos baru yang tak lazim dimainkan oleh pemainnya. 

Laga ke-54

Laga pamungkas FC Bayern kontra Hannover 96 untuk Bundesliga musim 2015/2016 menjadi pertemuan ke-54 kedua tim di seluruh kompetisi. Dari 53 pertemuan sebelumnya, FC Bayern memenangi 37 laga dan Hannover 96 memenangi sembilan laga. Sedangkan tujuh laga lagi berakhir imbang.

Pun begitu, dari sembilan pertemuan terakhirnya dengan Hannover 96, FC Bayern selalu menang dan rata-rata mencetak dua gol per laga. Gawang FC Bayern juga tak kebobolan di lima dari tujuh laga kandang terakhirnya melawan Hannover 96.

Berkaca dari data ini, mungkin kita boleh berharap gawang FC Bayern yang dijaga Manuel Neuer tak kan bobol di laga ini. Sementara gawang Hannover 96 yang dikawal Ron-Robert Zieler diharapkan bisa minimal tiga kali dibobol pemain FC Bayern. Dan mudah-mudahan juga salah satu pelakunya adalah Robert Lewandowski. 

Robert Lewandowski
Jika Lewandowski berhasil mencetak minimal sebiji gol di laga ini, ia akan tercatat sebagai pemain yang mampu mencetak minimal 30 gol dalam satu musim Bundesliga. Sampai sekarang, rekor tersebut masih menjadi milik Dieter Mueller. 

Pemain yang memulai dan mengakhiri karier sepak bolanya di Kickers Offenbach itu berhasil mencetak 34 gol saat membela FC Koeln di tahun 1976. 

Perkiraan line up starting XI:

FC Bayern: (4-1-4-1) Neuer: Alaba, Boateng, Martínez, Lahm: Vidal: Ribéry, Costa/Thiago, Mueller, Coman: Lewandowski.

Hannover 96: (4-2-3-1) Zieler: Albornoz, Sane, Anton, Arkenberg: Schmiedebach,Fossum: Klaus, Kiyotake, Bazee: Sobiech.