Sabtu, 04 Juni 2016

Menang dan Clean Sheet Jadi Target Jerman Hadapi Hungaria


Tim nasional Jerman akan menjalani laga ujicoba terakhir sebelum manggung di pentas Euro 2016. Laga ujicoba terakhir itu adalah menghadapi tim peringkat 20 FIFA, Hungaria, di Veltins Arena, Gelsenkirchen, Sabtu, 4 Juni 2016.

Tak seperti melawan Slovakia yang penuh eksperimen dan berakhir dengan kekalahan, menatap laga ini pelatih Die Mannschaft, Joachim Loew dipastikan bakal lebih serius dan memainkan  para pilar utamanya. Terlebih lawan yang dihadapi juga adalah konstentan Euro 2016 dan dibesut Bernd Storck yang juga orang Jerman.

Kepastian ini juga sudah disampaikan Asisten Pelatih Die Mannschaft, Thomas Schneider, saat jumpa wartawan sehari sebelum pertandingan. Manuel Neuer, Thomas Mueller, Mesut Oezil, Toni Kross dan Lukas Podolski, akan kembali ada dalam pertandingan. 

Namun yang masih menjadi tanda tanya sekarang adalah siapa yang akan mendampingi Jerome Boateng sebagai bek tengah.

Tak seperti melawan Slovakia di mana Jogi – sapaan Joachin Loew – memakai pakem 3-5-2, untuk laga menghadapi Hungaria besar kemungkinan Jogi kembali ke formasi 4-2-3-1. 

Dengan formasi ini, ada tiga nama yang berpeluang menjadi pendamping Boateng di posisi centre back. Selain Benedikt Hoewedes, juga ada nama Shkodran Mustafi dan Antonio Ruediger. 

Untuk nama terakhir  bahkan belakang ini menjadi kandidat terkuat setelah Mats Hummels masih berkutat dengan cederanya. Berdasarkan perkembangan terkini, Hummels diprediksi tak cuma absen di laga ini. Tapi juga akan bisa absen saat Jerman menghadapi Ukraina dan Polandia di Euro 2016.

Bastian Schweinsteiger

Sementara kabar baiknya, Der Kapitan Bastian Schweinsteiger, kondisi terkininya dikabarkan sudah mendekati level kebugaran yang diharapkan. Setelah dua bulan absen akibat cedera lutut parah, saat ini Schweinsteiger sudah mulai kembali ikut berlatih bersama tim. Dan tak menutup kemungkinan untuk laga menghadapi Hungaria nanti Jogi akan memainkannya meski cuma sekitar 20 hingga 30 menit. 

4-2-3-1 vs 4-2-3-1

Menghadapi Hungaria, Die Mannschaft yang kembali diprediksi memainkan formasi 4-2-3-1 akan memainkan Sami Khedira berduet dengan Toni Kross di depan lini pertahanan. Kemudian posisi gelandang serang akan ditempati Mario Goetze di sisi kiri, Mesut Oezil yang bertindak sebagai playmaker dan Thomas Mueller di sisi kanan. Untuk target man tetap berada di pundak Mario Gomez.

Mario Goetze, Mario Gomez, Toni Kross

Formasi dan skema Die Mannschaft ini juga akan dilawan Hungaria dengan struktur yang sama.  Posisi double pivot tim berjuluk Nemzeti Tizenegy diperkirakan akan diisi Adam Nagy dan Adam Pinter. 

Pos gelandang serang sayap akan diisi pemain Werder Bremen, Laszlo Kleinheisler dan pemain Bursaspor, Balazs Dzsudzsak. Sementara Zoltan Gera akan memainkan peran sebagai playmaker sekaligus penyerang lubang di belakang Adam Szalai.

Jika opsi di atas tak dipilih Bernd Storck menjadi starting XI Hungaria, gelandang klub Diósgyőri VTK, Ákos Elek menjadi pilihan prioritas untuk bertandem dengan Adam Nagy sebagai double pivot

Zoltan Gera dan Balazs Dzsudzsak
Sementara lini serang tetap mempertahankan Dzsudzsak dan Gera namun mengganti  Kleinheisler dengan Krisztian Németh di sisi kiri dan menempatkan Tamas Priskin sebagai target man menggantikan Szalai.

Kemungkinan ini sangat mungkin dilakukan Bernd Storck dalam dua babak pertandingan untuk lebih memastikan starting XI terkuat Hungaria untuk Euro 2016. Selain itu, Storck tentunya juga ingin menjaga rekor apik Nemzeti Tizenegy yang cuma sekali kalah dalam 11 laga terakhir mereka.

Sementara bagi Die Mannschaft, kemenangan menjadi harga mati yang tak bisa ditawar dalam ujicoba ini. Rekor buruk Jerman yang menelan empat kekalahan dalam enam laga terakhir wajib dihentikan. 

Die Mannschaft juga tak pernah mencatat clean sheet dalam setahun terakhir sejak menang 7-0 atas Gibraltar pada Juni 2015. Oleh sebab itu, laga melawan Hungaria di Gelsenkirchen ditargetkan bisa kembali clean sheet dan diprediksi berakhir 2-0 untuk kemenangan Die Mannschaft.

Prediksi starting XI:

Jerman: (4-2-3-1) Neuer: Can, Boateng, Mustafi/Ruediger, Hector: Kross, Khedira/Schweinsteiger: Mueller, Oezil, Goetze: Gomez.

Hungaria: (4-2-3-1) Kiraly: Fiola, Lang, Guzmics, Kadar: Nagy, Pinter/Elek: Kleinheisler/ Németh, Gera, Dzsudzsak: Szalai/ Priskin.