Rabu, 23 September 2015

Lima Gol Lewandowski; I Got 5 on It Luniz


Selasa malam, 22 September 2015 waktu Jerman = Rabu dini hari, 23 September 2015 WIB. Tanggal dan waktunya berbeda, Tapi peristiwanya satu dan juga terjadi di satu lokasi; Stadion Allianz Arena di Kota Muenchen, Jerman. Pelaku dari peristiwa ini  adalah Robert Lewandowski. Pria kelahiran Warsawa, Polandia, 27 tahun lalu yang beristrikan atlet karate bernama Anna Stachurska.

Hari itu. Malam itu. Dini hari itu. Robert Lewandowski yang berstatus penyerang milik klub raksasa Jerman, FC Bayern Muenchen, tiba-tiba mengejutkan dunia karena memproduksi lima gol gila di atas lapangan. Gila? Ya, gila, karena kelima gol itu dibuatnya cuma dalam waktu sembilan menit. Agar cap gila ini menjadi lebih sah; Lewy (panggilan akrab si pelaku ini) memproduksi gol-gol itu setelah enam menit menjejakkan sepatunya di atas lapangan.


Aksi gol gila Lewy di panggung Allianz Arena ini tersaji saat tuan rumah FC Bayern Muenchen menjamu VfL Wolfsburg di partai lanjutan Bundesliga spieltag ke-6 musim 2015/2016. Di babak pertama, Lewy masih duduk di bangku cadangan karena menderita cedera otot ringan.  Lewy baru masuk lapangan selepas turun minum menggantikan Thiago Alcantara dan kondisi tim yang dibelanya sedang tertinggal 0-1. Sebagai seorang penyerang, kehadirannya di lapangan tentu diharapkan untuk membuat gol penyeimbang dan kalau bisa gol kemenangan.  

Harapan itu memang bisa diwujudkan. Tapi dalam bentuk kegilaan yang membuat seluruh mata penikmat sepak bola Jerman dan Eropa terbelalak. Tak terkecuali pelatih FC Bayern, Josep Guardiola. Masuk di menit 45 babak kedua, menit ke-51 Lewy membuka kran golnya. Berlanjut semenit kemudian di menit 52 (gol kedua), menit 55 (gol ketiga), menit 57 (gol keempat), menit 60 (gol kelima). Tiga gol pertama dalam selang waktu empat menit juga sudah ditahbiskan menjadi rekor hat-trick tercepat dalam sejarah Bundesliga. Sementara kelima gol yang digelontorkannya ke gawang Die Wölfe dibuat cuma dengan tujuh tembakan dan sembilan sentuhan.

Untuk rekor yang pecah dari aksi gol gila Lewy ini tak usah didiskusikan lagi. Banyak dan media-media juga sudah mengupasnya. Menjadi pemain ke-14 Bundesliga  yang mampu membukukan lima gol dalam satu laga, pemain pengganti pertama yang bisa mencetak lima gol dalam sejarah Bundesliga, dan lain-lainnya. Sangat gila dan sensasional soalnya. Juga jarang terjadi di sebuah laga kompetisi kualitas dunia. 

Dan yang terakhir, mengapresiasi prestasi dan catatan lima gol gilanya ini, kutipan pernyataan Lewy sesuai laga pun sampai dirangkai menjadi kalimat lagu "I Got 5 on It" milik Luniz, duo rapper asal Oakland, California, Seperti ini cuplikannya dan selamat menikmati: