Jumat, 25 September 2015

Rekam Jejak Perjalanan FC Bayern Muenchen

FC Bayern Muenchen adalah sebuah klub sepak bola raksasa, baik di Jerman, Eropa, maupun dunia. Tapi siapa yang mengira bahwa embrio terbentuknya klub ini berasal dari sebuah klub gimnastik?

Tahun 1900, 11 pemain sepak bola di Muenchen yang dipimpin seorang fotografer bernama Franz Adolf Louis John memutuskan keluar dari klub gimnastik tempat mereka bernaung, MTV 1879.

Seiring dengan itu, mereka kemudian membentuk sebuah klub sepak bola bernama Fussball-Club Bayern Muenchen di sebuah restoran bernama Gisela pada 27 Februari 1900. Bersamaan dengan pembentukan ini juga ke-11 pemain bersepakat mengangkat Franz Adolf Louis John sebagai presiden klub. 

Ke-11 pemain yang menjadi pendiri FC Bayern Muenchen itu adalah, Zimmermann, Weber, Paperltz, Georg, Schmid, Schaudelius, Belle, Lippi, Schilling, Friedrich, Pollack, Francke, Nagele dan Zopfel.

Setelah resmi terbentuk, FC Bayern Muenchen melakoni laga perdananya pada Maret 1900 melawan Muenchner FC 1896. Laga ini dimenangi FC Bayern dengan skor 5-2. Dalam beberapa bulan berikutnya, eksistensi FC Bayern mulai mencuri perhatian publik di Jerman, khususnya di Jerman Selatan, karena berhasil meraih kemenangan  telak atas rival-rival lokal mereka. 

Satu kemenangan telak dan paling diingat terjadi pada tahun 1901. Di hari Minggu Paskah, FC Bayern untuk kali pertama mendapatkan kemenangan terbesar mereka saat menghadapi Nordstern Muenchen. Tak tanggung-tanggung, 15 gol tanpa balas berhasil digelondorkan ke gawang Nordstern Muenchen. 

Sejarah kemenangan terbesar pertama ini ditoreh pemain FC Bayern dengan memakai kostum lengan panjang putih berkerah yang dipadu dengan celana pendek merah dibalut ikat pinggang berwarna coklat. Di tahun ini juga FC Bayern untuk kali pertama berhasil menembus babak semi final kejuaraan sepak bola Jerman Selatan. 

Pada musim 1910-11, FC Bayern yang juga berjulukan Die Roten memutuskan untuk berpartisipasi dalam Liga Regional Bavaria, yakni Kreisliga. Kompetisi ini berhasil dimenangi sebelum seluruh aktivitas sepak bola di Jerman dihentikan menjelang pecahnya Perang Dunia ke-1.

Hingga tahun 2015, total 25 gelar juara Bundesliga dan 17 Piala DFB Pokal sudah direngkuh FC Bayern. Di kancah Eropa, FC Bayern juga menunjukkan prestasinya dengan menjadi klub Jerman tersukses dengan lima trofi Liga Champions, serta menjadi klub Jerman pertama yang bisa mencatat prestasi treble winners dengan memenangi trofi Bundesliga, DFB Pokal dan Liga Champions dalam semusim yakni di musim 2012/2013. 

Tak cuma itu. Di lemari trofi FC Bayern juga tersimpan koleksi trofi UEFA Europa League yang diraih musim 1995/1996, trofi UEFA Cup Winners Cup di musim 1966/1967, serta trofi Intercontinental Cup yang kini namanya menjadi FIFA Club World Cup di tahun 1976, 2001, dan 2013.

Laga derby resmi pertama

Tanggal 2 September 1928 menjadi tanggal laga derby resmi Muenchen pertama yang mempertemukan FC Bayern Muenchen dan TSV 1860 Muenchen di tanah Jerman. Laga ini dimainkan di Gruenwalder Stadion, Muenchen, dan berakhir dengan kemenangan 3-2 untuk FC Bayern.

Kali Pertama Juara Sepak Bola Jerman

Tanggal 12 Juni 1932, menjadi tanggal bersejarah pertama FC Bayern Muenchen sebagai klub sepak bola di Jerman. Tahun yang masuk musim kompetisi 1931/1932 ini menjadi tahun perayaan gelar pertama FC Bayern sebagai kampiun Kejuaraan Nasional Sepak Bola Jerman.

Partisipasi FC Bayern di kompetisi ini ketika itu adalah sebagai runner up kompetisi Regional Selatan. Di babak penyisihan putaran pertama FC Bayern berjumpa Minerva 93 Berlin dan menang 4-2. 

Selanjutnya, FC Bayern masuk babak perempat final bertemu PSV Chemnitz dan menang tipis 3-2. Di babak semi final, FC Bayern bertemu FC Nuernberg dan menang 2-0 hingga berhak tampil di final.

Pada babak final yang berlangsung pada 12 Juni 1932 di Staedtisches Stadion, Nuernberg, Die Roten yang beranggotakan 15 pemain dan dilatih pria Austria, Richard Dombi alias Richard Kohn ini berhasil mengalahkan Eintracht Frankfurt dengan skor 2-0 untuk menjadi juara. 

Kali Pertama Juara DFB Pokal

Skuat FC Bayern musim 1956/1957 menjadi skuat Bayern pertama yang berhasil meraih gelar juara DFB Pokal. Pada final yang berlangsung di Augsburg, 29 Desember 1957, FC Bayern berhasil mengalahkan Fortuna Düsseldorf dengan skor tipis 1-0.

Skuat FC Bayern ketika itu dilatih Willibald Hahn asal Austria dan hanya beranggotakan 12 pemain. Mereka adalah; Werner Huber (penjaga gawang), Hans Bauer, Hans Faltermeier, Willi Knauer, Siegfried Manthey (pemain belakang), Ludwig Landerer, Heinz Lettl, Thomas Mayer, Bozidar Senčar (pemain tengah), Erich Hahn, Rudolf Jobst, Peter Velhorn (pemain depan),

Sebagai catatan tambahan, pemain bertahan Hans Bauer menjadi pemain tertua FC Bayern yang pertama kali bisa mengangkat trofi DFB Pokal. Bauer lahir pada 28 Juli 1927.

Sementara penyerang Erich Hahn yang lahir pada 27 Mei 1937 tercatat sebagai pemain termuda pertama FC Bayern yang berkesempatan memegang trofi DFB Pokal.

Catatan lainnya lagi, pemain tengah Bozidar Senčar adalah satu-satunya pemain non Jerman dalam skuat Die Roten musim 1956/1957 yang meraih piala DFB Pokal. Senčar berasal dari Kroasia - salah satu wilayah otonom Yogoslavia pada masa itu

Pemain FC Bayern Pertama di Piala Dunia

Sigmund Haringer atau bisa disapa Sigi adalah pemain FC Bayern Muenchen pertama yang mencicipi turnamen Piala Dunia. Sigi lahir di Muenchen pada 9 Desember 1908. Dia bergabung dengan FC Bayern pada usia 19 tahun di musim 1927/1928.

Pemain yang memainkan posisi sebagai bek kanan ini bermain mewakili Jerman pada Piala Dunia 1934 di Italia. Di pertandingan putaran pertama Jerman berjumpa Belgia dan berhasil menang 5-2.

Kemenangan atas Belgia membuka langkah Jerman untuk memainkan laga di putaran kedua atau perempat final. Di fase ini Jerman menaklukkan Swedia dengan skor 2-1 dan berhak berlaga di semi final. Sayang di fase ini langkah Jerman dihentikan Cekoslowakia dengan skor tipis 1-2. Selanjutnya, Jerman pun bersua Austria untuk memperebutkan posisi ketiga dan berhasil memenanginya dengan skor 3-2 untuk merengkuh podium ketiga.

Dua Pemain FC Bayern di Piala Dunia 1938

Piala Dunia 1938 yang berlangsung di Prancis pada 4 hingga 19 Juni, diikuti oleh tim nasional Jerman. Dalam skuat Der Panzer ketika itu terdapat dua pemain FC Bayern yakni Jakob Streitle dan Ludwig Goldbrunner (Der Kapitan Bayern dari tahun 1937-1941). 

Sayang langkah Jerman di turnamen ini langsung dihentikan tim nasional Swiss di putaran final penyisihan pertama. Pada pertandingan pertama yang berlangsung 4 Juni,  skor akhir kedua tim 1-1 hingga harus diulang pada 9 Juni. Di pertemuan ulangan ini Jerman kalah 2-4.

Pada Piala Dunia 1938, Indonesia yang saat itu dikenal dengan nama Hindia-Belanda juga turut berpartisipasi mewakili Federasi Sepak Bola Hindia-Belanda. Keikutsertaan Indonesia alias Hindia Belanda ketika itu karena Jepang mengundurkan diri untuk mengikuti kualifikasi.

Sebagai negara Asia pertama yang ikut Piala Dunia, Indonesia alias Hindia Belanda bernasib sama seperti Jerman yang langsung takluk di penyisihan pertama. Indonesia ketika itu dibantai 6-0 oleh Hungaria yang di akhir kompetisi nangkring sebagai juara kedua di Piala Dunia edisi ketiga ini.

Mengikuti Bundesliga

Musim kompetisi 1965/1966 menjadi musim pertama FC Bayern berlaga di kompetisi Bundesliga 1. Posisi ini didapat FC Bayern setelah melewati laga promosi playoff di akhir musim 1964/1965 melawan Tennis Borussia Berlin.

Dalam laga tersebut, FC Bayern berhasil menghancurkan klub asal Berlin ini dengan skor 8-0. Selain FC Bayern, klub lain yang ketika itu juga berhasil mendapatkan promosi ke Bundesliga 1 adalah Borussia Moenchengladbach. 

Sejak mengikuti Bundesliga 1 pada musim 1965/1966 hingga sekarang, posisi terburuk FC Bayern di klasemen akhir adalah peringkat 12 pada musim 1977/1978. FC Bayern juga pernah menghuni posisi 10 di klasemen akhir pada musim 1974/1975 dan 1991/1992.

Kali Pertama Double Winners

Hanya butuh empat tahun buat FC Bayern kali pertama menjuarai kompetisi Bundesliga 1 sejak promosi di musim 1965/1966. FC Bayern menjadi jawara Bundesliga 1 untuk pertama kali di musim 1968/1969 dengan mengantongi 46 poin, selisih delapan poin dari Allemania Aachen di urutan dua dan sembilan poin dari Borussia Moenchengladbach di posisi tiga klasemen akhir.

Trofi Bundesliga yang diperoleh FC Bayern pada musim tersebut juga mampu dikawinkan dengan Piala DFB Pokal. Inilah musim pertama FC Bayern menorehkan prestasi double winners di pentas sepak bola. Di ajang DFB Pokal ketika itu, FC Bayern mengandaskan Schalke 04 dengan skor 2-1.

Debut Der Kaiser

Franz "Der Kaiser" Beckenbauer memulai pertandingan debutnya bersama FC Bayern di pentas Liga Regional Selatan saat melawan Stuttgarter Kickers di Stadion Gruenwalder, Muenchen, pada spieltag ke-6, tanggal 2 September 1964. 

Pada debutnya ini, Der Kaiser yang memakai nomor punggung 5 memainkan posisi sebagai pemain tengah yang beroperasi di sektor sayap. Pertandingan ini berhasil dimenangi FC Bayern dengan skor 2-0 melalui gol yang dicetak Karl Borutta pada menit ke-41 dan Rudolf Nafziger pada menit ke-80.

Di akhir musim 1964/1965, FC Bayern Muenchen berhasil menyabet predikat juara Liga Regional Selatan. FC Bayern yang memainkan 36 pertandingan mengoleksi 24 kemenangan, tujuh hasil imbang dan lima kekalahan dengan jumlah gol 146 dan kemasukan gol 32.

Gol Pertama Pemain FC Bayern di Piala Dunia

Tanggal 12 Juli 1966, Franz “Der Kaiser” Beckenbauer mencatatkan diri sebagai pemain pertama FC Bayern yang berhasil menorehkan namanya di papan skor turnamen Piala Dunia. 

Pada turnamen Piala Dunia yang berlangsung di Inggris ini, Beckenbauer mencetak gol saat Jerman Barat berjumpa Swiss di laga perdana Grup 2 Piala Dunia 1966 yang berlangsung di Stadion Hillsborough, Sheffield, Inggris. Beckenbauer mencetak dua gol yakni menit ke-40 dan ke-62 untuk membawa Jerman Barat menang telak 5-0 atas Swiss. 

Allianz Arena

Allianz Arena yang kini menjadi markas FC Bayern sejatinya merupakan rumah ketiga Die Roten dalam sejarahnya di Bundesliga. Sebelumnya, FC Bayern bermarkas di Stadion Gruenwalder dari tahun 1926 hingga 1972 dan selanjutnya pindah ke Olympiastadion hingga tahun 2005. Stadion Gruenwalder sendiri saat ini menjadi markas tim FC Bayern II dan tim FC Bayern U-19. 

Stadion Allianz Arena yang diarsiteki oleh Jaques Herzog dan Pierre de Meuron asal Swiss, ini dibangun pada 21 Oktober 2002. Tak sampai tiga tahun, stadion berkapasitas 75.024 penonton ini sudah resmi dioperasikan dengan gelaran perdana laga persahabatan antara TSV 1860 Muenchen dan FC Nuernberg pada 30 Mei 2005. 

Sewaktu awal didirikan, saham kepemilikan Allianz Arena terbagi dua antara FC Bayern dan TSV 1860 Muenchen. Namun karena TSV 1860 Muenchen mengalami krisis keuangan, seluruh saham kepemilikan akhirnya diambil alih FC Bayern dan TSV 1860 Muenchen menjadi penyewa  sampai 30 Juni 2025.

Rute umum menyambangi stadion ini dari Kota Muenchen adalah dari Muenchen Hbf atau stasiun kereta utama Kota Muenchen naik U-Bahn di jalur U6 dan berhenti di Stasiun Froettmaning U-Bahn. Hanya berjalan kaki sekitar 10 menit dari stasiun ini sudah sampai persis di depan Stadion Allianz Arena.

Kepemilikan Saham FC Bayern

Tim sepak bola FC Bayern dijalankan oleh perusahaan gabungan FC Bayern Muenchen AG. AG adalah singkatan Aktiengesellschaft. Sebagai perusahaan AG, saham FC Bayern tak terdaftar di bursa saham publik. 

Saham kepemilikan FC Bayern AG terbagi menjadi 81,82% milik FC Bayern Muenchen e. V. (Eingetragener Verein alias Klub Terdaftar), 9,09% masing-masing dimiliki produsen perlengkapan olahraga raksasa asal Jerman, Adidas, dan perusahaan mobil asal Jerman, Audi. Adidas memiliki saham pada tahun 2002 dengan harga  77 juta euro untuk membantu membiayai Allianz Arena. 

Kemudian pada tahun 2009, Audi membayar 90 juta euro sebagai bagian kepemilikan sahamnya. Modal ini dipakai untuk mengembalikan lebih cepat pinjaman pembangunan Allianz Arena dari yang direncanakan sebelumnya.


Untuk mitra iklan utama FC Bayern dan pemegang hak kostum (jersey) saat ini adalah perusahaan telekomunikasi Deutsche Telekom yang ditandai dengan logo T di bagian dada jersey. Sementara untuk pemasok kit utama FC Bayern adalah Adidas. 

Sebelum Deutsche Telekom,  mitra yang juga pernah memegang hak kostum FC Bayern adalah Adidas (1974-1978), Magirus Deutz dan Iveco (truk/1978-1984), Komodor (komputer/1984-1989) dan Opel (mobil /1989-2002).

                                                            Cuplikan rekam jejak pertandingan FC Bayern:
                                                                                    (1900 - 1990)

                                                                                   (1991 - 2013)

                                                                           128 Gol FC Bayern musim 2014/2015